THE POLICE LINE

Semakin lama saya hidup, semakin saya sadar Akan pengaruh sikap dalam kehidupan Sikap lebih penting daripada ilmu, daripada uang, daripada kesempatan, daripada kegagalan, daripada keberhasilan, daripada apapun yang mungkin dikatakan atau dilakukan seseorang.

Kamis, 23 April 2009

Sekilas Tentang HTML

1. Sekilas Tentang HTML
HTML

HTML merupakan dasar atau tulang punggung dalam pembuatan sebuah Web. Dalam setiap file HTML akan selalu didahului dengan tag HTML. Tag ini akan membuat web browser mencoba untuk membaca file yang ada didalam tag tersebut untuk ditampilkan dalam web browser. Pada akhir baris jangan lupa Anda harus selalu mengakhiri tag HTML dengan /HTML. Sehingga akan kelihatan bahwa pada setiap tag HTML akan selalu :

HTML

untuk mengakhiri :

/HTML

Penulisan Tag HTML adalah incasesensitive. Artinya, HTML akan sama dengan html atau Html. Untuk selanjutnya akan dibagi menjadi 2 seksi: head dan body


HEAD

Header akan berfungsi sebagai tanda pengenal pada halaman yang akan Anda buat. Untuk mendefinisikan header dalam tag HTML maka anda harus menambahkan HEAD dan /HEAD tag di bawah tag HTML.


BODY

Pada bagian body merupakan bagian dimana Anda dapat menuliskan berbagai text yang ingin Anda tampilkan pada halaman web. Untuk mendefinisikan body harus diketikan tag BODY dan ditutup dengan tag /BODY dibawah tag header, sehingga akan terlihat :

HTML

HEAD

/HEAD

BODY

/BODY

/HTML

Untuk menamai atau memberikan judul pada halaman web yang akan Anda buat maka digunakan tag TITLE dan /TITLE. Judul ini akan terlihat pada sudut kiri atas pada halaman web. Tag TITLE akan berada di dalam tag HEAD. Kini saatnya Anda membuat halaman web Anda yang pertama. Bukalah Text Editor anda(contoh: Notepad) dan ketik kode html di bawah ini, kemudian simpanlah di C:\My Documents\latihan1.htm. Ingat! Nama filenya adalah latihan1.htm, bukanlah latihan1.htm.txt atau latihan1.txt.

HTML

HEAD

TITLE Selamat datang pada HomePage Saya /TITLE

/HEAD

BODY

Ini halaman web pertama saya.

/BODY

/HTML

Kemudian, bukalah Internet Explorer dan pilih menu: File ==> Open, dan bukalah C:\My Documents\latihan1.htm. Maka akan terlihat sebagai berikut :

by:citra yudha

0 komentar: